Senin, 07 April 2008

HATI-HATI TEH CELUP !




Anda gemar minum teh?


Anda terbiasa mencelupkan kantong teh celup berlama-lama?




Padahal kandungan zat klorin di kantong kertas teh celup akan larut dalam waktu 3 - 5 menit. Klorin atau chlorine, zat kimia yang digunakan dalam industri kertas. Fungsinya, disinfektan kertas, hingga kertas bebas dari bakteri pembusuk dan tahan lama. Kertas dengan klorin tampak lebih bersih. Klorin dalam jumlah besar tentu berbahaya.

Banyak penelitian mencurigai kaitan antara asupan klorin dalam tubuh manusia dengan kemandulan pada pria, bayi lahir cacat, mental terbelakang, dan kanker. Buat yang pernah berkunjung ke pabrik kertas/pulp, mungkin tahu bahwa chlorine adalah senyawa kimia yang sangat jahat dengan lingkungan dan manusia, karena bersifat karsinogenik, dapat menyerang syaraf dsb!

Di kejauhan pabrik mudah dilihat jika ada asap berwarna kuning yang mengepul, itu bukan asap biasa tapi chlorine gas. Sehingga industri ini mendapat serangan hebat dari LSM lingkungan karenanya, disamping masalah kehutanan.

Kertas terbuat dari bubur pulp yang berwarna coklat tua kehitaman. Agar serat berwarna putih, diperlukan sejenis bahan pengelantang (sejenis rinso/baycline) senyawa chlorine yang kekuatan sangat keras sekali! Begitu juga dengan kain, karena memiliki serat. Jika anda mau uji kebenarannya, silahkan bawa selembar tissue ke Studio East Discotheque. (lampu khusus UV, itu loh yg buat meriksa uang palsu/ga) Jika tissue mengeluarkan cahaya saat kena sinar ultraviolet dari lampu disco, berarti masih mengandung chlorine tinggi.

Di negara maju, produk ini harus melakukan proses Neutralization dengan biaya mahal agar terbebas dari chlorine dan mendapat label kesehatan. Tissue atau kertas makanan dari negara maju yang sudah berlabel Depkes tidak akan mengeluarkan cahaya tsb saat kena UV. Begitu pula dengan kertas rokok, bahkan ada calsium carbonat agar daya bakarnya sama dengan tembakau dan akan terurai jadi CO saat dibakar.


Di Indonesia tidak ada yang kontrol, jadi berhati-hatilah.
PEOTECT YOUR FAMILY!!
MINUMLAH TEH BUKAN KLORIN.

Tidak ada komentar: